Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat pada Ibu hamil

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
LATAR BELAKANG


UKBM kesehatan ibu hamil
sumber gambar : doktersehat.com
Kesehatan adalah suatu masalah yang kompleks yang merupakan kompilasi dari berbagai masalah. Menurut Hendrik L.Blum, pengaruh terbesar adalah lingkungan dan sekarang mulai bergeser menjadi perilaku. Pelayanan kesehatan merupakan faktor ketiga yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat. Peran penting pelayanan kesehatan dalam menentukan status kesehatan masyarakat harus diimbangi dengan ketersediaan fasilitas tersebut yang harus diupayakan oleh pemerintah dan masyarakat. Ketersediaan fasilitas dipengaruhi oleh lokasi, keterjangkauan dan pemberi pelayanan. 

Selain lokasi dan tenaga kesehatan, ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan juga dipengaruhi oleh informasi dan motivasi masyarakat untuk mendatangi fasilitas, dalam memperoleh pelayanan serta program pelayanan kesehatan itu sendiri. Di masyarakat terdapat beberapa pelayanan kesehatan baik primer, sekunder maupun tersier. Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) merupakan bentuk fasilitas pelayanan kesehatan yang dikelola oleh masyarakat. Beberapa bentuk UKBM yang dikenal adalah Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), Polindes (Pondok Bersalin desa) dan Desa Siaga. Keberhasilan pelaksanaan UKBM ini tidak terlepas dari peran masyarakat sebagai pelaksana dan penerima pelayanan kesehatan, sehingga perlu dilakukan kajian mengenai penggunaan UKBM oleh masyarakat.


DAFTAR PUSTAKA

Nita Arisanti, Deni K Sunjaya. “GAMBARAN PEMANFAATAN UPAYA KESEHATAN BERSUMBER MASYARAKAT DI KECAMATAN JATI NANGOR”. JSK. Vol 1. No 1. 2015. Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran

Aderia Putri Prasanti. PPT “POLINDES”. IKM A 2011

Wijono, D. 1997. Manajemen Kepemimpinan Dan Organisasi Kesehatan. Airlangga. Surabaya 

Depkes RI. 2994. Pedoman Pembinaan Teknisi Bidan di Desa. Dit.Jend.Binkesmas, Depkes RI. Jakarta

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :