Pelayanan Kesehatan Gigi di Puskesmas Kedu, Temanggung

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

      Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini ditempatkan di Kabupaten Temanggung, dan saya ditempatkan di Kecamatan Kedu bersama empat teman saya. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober - 8 November 2019 memberikan kesan yang sangat istimewa, karena udara Temanggung yang sejuk dan keramahan warga Temanggung membuat kami betah untuk PKL disana. Selain itu, hal yang membuat PKL ini istimewa karena merupakan PKL terakhir kami sebelum menghadapi skripsi :)


Adapun kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan pada PKL ini, sebagai berikut :

Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia

      Pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada kelompok lansia bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut pada kelompok berkebutuhan khusus. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut kelompok lansia dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Oktober 2019, yang menjadi sasaran pelaksanaan pelayanan asuhan kesehatan gigi adalah peserta Posyandu Lansia Desa Karangtejo, Kedu.


Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Prasekolah


     Pelayanan kesehatan gigi dan mulut kelompok anak prasekolah dilaksanakan pada hari Senin, 14 Oktober 2019, yang menjadi sasaran pelaksanaan pelayanan asuhan kesehatan gigi adalah siswa TK Dharma wanita 2 Beji, Kedu.



Pelatihan Kader

   Untuk mewujudkan Indonesia bebas karies tahun 2030, dibentuklah UKGMD di setiap Posyandu Desa Salamsari. Dalam upaya untuk mendukung tercapainya hal tersebut, diselenggarakan pelatihan kader guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan kader dalam memberikan pelayanan dasar mengenai kesehatan gigi dan mulut serta memperkenalkan KMGS (Kartu Menuju Gigi Sehat) kepada para kader. Pelatihan kader Posyandu Desa Salamsari diselenggarakan pada tanggal 21-23 Oktober 2019 di Balai Kelurahan Desa Salamsari.


Epidemiologi Dental

      Kegiatan epidemiologi kesehatan gigi dilakukan pada tanggal 23-28 Oktober 2019. Epidemiologi dental bertujuan untuk mengetahui status kesehatan gigi dan mulut masyarakat, khususnya pada warga dusun Kemiri, Desa Salamsari. Kegiatan epidemiologi dilakukan dengan survey kesehatan gigi, merekap data, memprioritaskan masalah, mencari alternatif pemecahan masalah, implementasi pemecahan masalah dan evaluasi.


UKBM
     

     Pada aspek UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) dilakukan pembentukkan UKGMD di Posyandu Desa Salamsari dengan persetujuan dari pihak Puskesmas Kedu dan pihak Kelurahan Salamsari.




Sistem Informasi Kesehatan

   
    Sistem informasi kesehatan dilakukan dengan melakukan input data pada buku register dan melakukan input data pada SIMPUS (Sistem Informasi Puskesmas), kegiatan ini dilakukan selama kegiatan PKL berlangsung.




Penatalaksanaan Kuratif Terbatas




    Kegiatan Penatalaksanaan Kuratif Terbatas yang telah dilakukan yaitu pencabutan gigi susu, pencabutan gigi tetap akar 1, anastesi infiltrasi, dan cek plak gigi.





Terima kasih sudah membaca! See you :)

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :